KELOMPOK 5

FAKTOR YANG MENYEBABKAN PERUBAHAN DALAM ORGANISASI

Perubahan dapat berarti baik dan juga buruk, faktor yang menyebabkan perubahan pada organisasipun terdapat 2, yaitu internal dan eksternal.

Faktor Internal

Perubahan dari faktor internal diorganisasi dapat berarti, berubahnya pola pikir seorang yang berada dilingkup organisasi itu sendiri, seperti: ketua organisasi, kepengurusan orgnisasi dan anggota organisasi. Perbuahan dapat terjadi karena adanya pengaruh dari sosok Pemimpin dan juga Komunikasi dalam organisasi itu sendiri, selain dari hal tersebut masih terdapat beberapa hal yang menyebabkan perubahan dalam organisasi pada lingkup internal.

Faktor Eksternal

Perubahan Faktor eksternal dari organisasi dapat terjadi dari pengaruh senior organisasi dan juga perkembangan luar organisasi (lingkungan eksternal organisasi) dan pengaruh dari Perkembangan Teknologi Informasi (IPTEK).

PROSES TERJADINYA PERUBAHAN DALAM ORGANISASI

  1. Mengadakan Pengkajian
  2. Mengadakan Identifikasi
  3. Menetapkan Perubahan
  4. Menentukan Strategi
  5. Melakukan Evaluasi

CIRI-CIRI PERKEMBANGAN ORGANISASI

Ciri organisasi yang berkembang secara baik, sebagai berikut:

  1. Strategi terencana dalam mewujudkan perubahan organisasi (memiliki sasaran jelas, akurat tentang permasalahan yang dihadapi oleh suatu organisasi)
  2. Kolaborasi dari individu dalam organisasi
  3. Melakukan Brainstorming
  4. Setiap Individu dalam organisasi menjadi bagian terpenting untuk memecahkan masalah.
  5. Menggunakan pendekatan komitmen
  6. Berbagai satuan kerja sebagai bagian integral di suasana yang utuh.
  7. Melakukan pendekatan persuasi dan sikap toleransi yang tumbug dalam lingkungan organisasi.

TUJUAN PENGEMBANGAN DALAM ORGANISASI

  1.   Menumbuhkan keharmonisan hubungan kerja antara pimpinan dengan pengurus maupun anggota organisasi yang lain.
  2. Pemecahan masalah dilakukan bersama individu yang berada dalam organisasi dengan keyakinan, kemampuan dan keputusan yang adil.
  3. Menciptakan keterbukan dalam berkomunikasi
  4. Mengembangkan kualitas sumber daya manusia
  5. Meratakan kesejahteraan dalam organisasi internal maupun eksternal
  6. Menumbuhkan wawasan mengenai lingkungan internal maupun eksternal organisasi.

LANGKAH-LANGKAH PERUBAHAN DALAM ORGANISASI

  1. Incease Urgency (Mendorong kesadaran individu dalam organisasi)
  2.  Build The Guiding team, (Membangun kelompok yang berkomitmen dan mempunyai kemauan kuat dalam mengembangkan suatu organisasi)
  3. Get The Right Vision  (Memiliki visi yang jelas dan dapat tercapai oleh organisasi)
  4. Communicating for Buy In (Melakukan komunikasi yang baik dalam organisasi)
  5. Empower Action (Efektifitas dalam menghadapi rintangan)
  6. Create Short Term Win (Mencapai kemenangan jangka pendek dengan memberikan penghargaan untuk menciptakan keyakinan dan antusias dari individu dalam membangun organisasi)
  7. Don’t Let Up (Mendorong individu dalam mencapai tujuan organisasi)
  8. Make change stick (Menciptakan kesempatan dalam melakukan perubahan yang mengakar dalam organisasi).

 

Berikan komentar

Gak Hanya Tau