RESUME/ TANGGAPAN

 MENANGGAPI MATAKULIAH TEORI ORGANISASI UMUM 1

Dengan mempelajari matakuliah Teori Organisasi Umum, saya mendapat pengetahuan mengenai struktur organisasi lebih mendalam, baik Organisasi lingkup besar (perusahaan) sampai kecil (keluarga), disamping itu saya juga dapat mengerti sistem yang  baiknya diterapkan dalam berorganisasi,

Dosen yang mengajar matakuliah Teori Organisasi Umum, yaitu Ibu Ira Prajar Lestari ikut berperan aktif dan interaktif hingga mendorong saya untuk berani dalam menyampaikan pendapat, tanpa peranan dari beliau saya hanya menjadi mahasiswa yang pasif disaat presentasi berjalam dalam ruang kelas. Dengan penjelasan dari beliau yang didasarkan pada pengetahuan akademik dan melaui pengalaman yang telah beliau jalankan, menambah rasa ingin tau sebagai seorang yang berada diorganiasi dalam menyikapi penjelasan dari beliau,

Tanggapan saya mengenai Ibu Ira Prajar Lestari, beliau merupakan dosen yang cukup tegas, disiplin, aktif dalam memberi masukan kepada mahasiswa/ i, seorang yang menghargai waktu dan orang lain.

TOKOH SEJARAH BESAR, RADEN MAS PANJI SOSRO KARTONO

Sosrokartono

Sedikit dantara kita mungkin bertanya mengenai seorang tokoh bernama Raden Mas Panji Sosro Kartono (R M P Sosro Kartono), siapakah beliau?(R M P Sosro Kartono yang dikenal juga sebagai Dokter Putih, sijenius dari indonesia, Seorang poliglot kenamaan dan Wartawan The New York Herald Tribune kenamaan yang diberi gelar mayor dari Amerika.

R M P Sosro Kartono lahir di (Mayong, Jepara. Tanggal 10 April 1877) merupakan seorang kaka kandung dari Tokoh Pahlawan yang lagunya diciptakan oleh WR Supratman terdengar setiap 21 April, adalah R A Kartini, R M P Sosro Kartono banyak memberi inspirasi kepada adiknya hingga Kartini menjadi tokoh emansipasi wanita indonesia.

Ironisnya masih sedikit orang indonesia yang mengenal beliau, seorang yang dapat memberikan gambaran kepada Indonesia, bahwa indonesia memiliki tokoh besar yang cukup dikenal didunia pada masa itu dan dapat menginspirasi generasi muda.

Satu dari sekian banyak kutipan nasehat yang beliau wariskan, yaitu Kantong Bolong:

Menolong bagi sesama, tidak perlu mempertimbangkan waktu, perut dan saku jika ada isinya biarlah mengalir bagi sesama.

Semoga Renungan ini dapat membuka mata kita, untuk lebih peduli terhadap kehidupan ini tanpa memikirkan dan mengharapkan pamrih.

UTAMAKAN BERSIKAP TABAYYUN

Tabayyun merupakan menelaah informasi secara cerdas dengan meneliti dan kejelasan dan informasi tersebut. Baiknya sebelum menyikapi informasi, awali terlebih dulu dengan bertabayyun, agar nantinya informasi yang didapat tidak merugikan diri sendiri dan orang lain., Hingga membuat menyalahkan diri dan menyesali perbuatan yang telah disikapi dari informasi tersebut.

Mungkin dilingkungan kita, kita dapa melihat beberapa orang yang belum menrapkan sikap tabayyun, hingga menyebabkan unsur fitnah dan mencelakakan orang lain dan diri sendiri, oleh sebab itu sikap Tabayyun ini cukup penting dalam menelaah informasi.

BERANI !! HINDARI MEMULAI DENGAN RASA TAKUT HASILNYA TIDAK AKAN BAIK

Segala sesuatu yang dimulai dengan rasa takut memang hasilnya tidak baik, Takut disini berarti tidak yakin terhadap kemampuan diri sendiri hingga membuat tidak merasa percaya diri dan menjalankannya tidak sesuai kehendak hati dan rencana. Jadi Awali segala sesuatunya khususnya dalam bertindak dengan berani, yakin bahwa yang dilakukan itu benar, baik dan terencana. Dengan mengawali sikap berani, orang lainpun akan merasa yakin terhadap keputusan yang kita ambil, ada istilah yang saya kutip dari kalimat Warrent Buffet (Set your goal, and make sure people for focus on them; Tentukan tujuanmu, dan yakinkan orang untuk focus kepada tujuan tersebut).

Keputusan yang diambil dengan sikap berani hasilnya baik, walau begitu pertimbangkan juga untuk menyikapi informasi dan masukan dari orang lain yang mana itu dapat membangun dan mendorong keputusan kita agar lebih baik dalam menjalankannya.

PENDEKATAN PERSUASIF

Pendekatan persuasif diterapkan dalam berorganisasi, dan organisasi tersebut tidak hanya pada lingkup organisasi yang besar seperti perusahaan tapi organisasi yang kecil seperti lingkungan keluarga perlu diterapkan.

Dengan begitu tidak hanya dijalankan oleh pemimpin kepada bawahan tetapi juga perlu diterapkan oleh seorang ayah kepada anak dan ibu kepada anak. Pendeketan secara persuasif ini cukup penting mengingat, dengan adanya pendekatan persuasif. Setiap individu dapat berinteraksi secara komunikatif dan komunikasi dapat interaktif. Umumnya masalah itu datang dari komunikasi, dengan meelakukan pendekatan persuasif ini miss communication dapat teratasi agar tidak adanya kesalah pahaman antara komunikator dan komunikan. Disamping itu dengan melakukan pendekatan persuasif, memotivasi anak dapat lebih mudah disikapi oleh anak. Dan keuntungan yang didapat dengan pendekatan persuasif ini tujuan yang telah dikemas baik dapat dijalankan dengan senang hati.

SESUATU YANG LEBIH MENAKUTKAN DARI KEBENCIAN DISEBUT TIDAK ADANYA  KEPEDULIAN (TAK ACUH) TERHADAP KEHIDUPAN

Benci? mungkin terdengar tak asing diantara kita, dengan mendengar konotasi itu pikiran kita mungkin tergambar sesuatu yang negatif, menurut kamus besar bahasa indonesia. Benci diartikan sebagai sangat tidak suka ,sangat tidak senang (karena sifatnya butuk), dan bila kita telaah pada pengertian kalimat benci itu masih ada perhatian/ kepedulian individu terhadap individu yang dibenci, Contoh: Karena sifatnya buruk saya benci sama dia.

Jauh lebih buruk dari benci, jika mendengar kalimat tidak peduli. Ketidak pedulian individu terhadap individu lainnya, inilah sifat, dampak dan penyakit yang lebih buruk lagi. Ketidak pedulian dapat diartikan, tidak menghiraukan, tidak acuh, tidak memperhatikan.

Mengenai ketidak pedulian ini kadang terlihat dilingkungan, khususnya dijalan raya, beberapa individu mungkin menggambarkannya sebagai sesuatu yang sudah biasa terjadi, tapi hal ini tidak dapat terus dibiarkan. Hati Nurani yang ada pada diri manusia sejatinya mesti terbuka agar terciptanya sikap toleransi dan ramah tamah. Negara Indonesia yang memiliki moto “Bhineka Tunggal Ika” Walaupun berbeda-beda tetap satu, mendengar kalimat itu mestinya kita sebagai generasi penerus bangsa dapat menjalankannya. Dimulai dengan sikap peduli terhadap sesama, tanpa memikirkan pamrih, serta mensyukuri nikmat yang telah Allah SWT karuniakan kepada kita.

Dengan bersyukur, kita dapat melihat sekeliling kita, dan menyadari bahwa ada beberapa orang yang membutuhkan pertolongan, dengan begitu tujuan hidup ini dapat terbentuk baik untuk kehidupan.

WISATA PANTAI LEMBUPURWO, KEBUMEN

Gundam

Pantai Lembupurwo merupakan pantai selatan yang berada di kebumen, Jawa-Tengah. Karena letaknya berada dilaut selatan, ombak laut dipantai lembupurwo cukup besar, untuk itu baiknya bila berkunjung kepantai Lembupurwo tikda mandi dilaut. Namun suasana pantai lembupurwo cukup menarik untu

MAU DAN INGIN, APA BEDANYA?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mau berarti: sungguh-sungguh suka hendak. Sedangkan ingin berarti hendak; mau; berhasrat. Dari penjelasan tersebut memang belum terlihat perbedaan kata mau dan ingin.

Dalam mencapai suatu kebutuhan, makna dari kata mau:  mempunyai dorongan yang besar, kesungguhan hati dan minat untuk mencapai impian dengan tindakan nyata.

Sedangkan ingin memiliki makna: Ketertarikan terhadap sesuatu yang tidak diiukuti dengan tindakan (sebatas mengangan-angan).

Penjelasan singkat tersebut, semoga dapat menambah pengetahuan, mengenai kedua kata, antara mau dan ingin.

Kutipan: Kemauan dapat mencapai sesuatu secara optimal.

SAYA BERMINAT DAN BERBAKAT

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), minat berarti: kecenderungan hati yg tinggi thd sesuatu; gairah; keinginan sedangkan bakat menurut KBBI adalah: alamat (tanda-tanda bahwa sesuatu akan terjadi):

SOSOK PENGINPIRASI MAHASISWA/ I DILINGKUNGAN KAMPUS

Sosok penginspirasi diindonesia cukup banyak dan luas, namun dilingkup kampus terdapat beberapa sosok penginspirasi yang dapat menjadi contoh tauladan bagi mahasiswa/ i dalam mejalani dunia perkuliahan. Sebagai mahasiswa yang menganyam pendidikan di Perguruan Tinggi, saya berfikir dan merasa perlunya sosok penginspirasi untuk mendorong dan memotivasi mahasiswa/ i selama menjalani dunia perkuliahan. Sebagai pandangan kepada mahasiswa/ i untuk memperkuat tekad dan mental mereka serta dapat membimbing mereka selama menjalani kegiatan belajar-mengajar di Perguruan Tinggi. Selama 2 tahun saya berada diingkungan kampus dan bersosialisasi dengan mahasiswa/ i, saya mendapati informasi mengenai sosok penginspirasi dilingkungan kampus yang menjadi dorongan mereka dalam menjalani kegiatan dilingkungan kampus: Berikut ini informasi yang saya dapati:

1. Ketua Kelas

Ketua kelas merupakan sosok penginspirasi yang mengepalai dan mengarahkan siswa – mahasiswa yang berada dalam 1 ruang dimana mereka menjalani kegiatan belajar – mengajar bersama. Peranan ketua kelas disini cukup penting, dari figure – pemberi komando kepada siswa – mahasiswa yang berada didalam kelas.

2. Guru/ Dosen

Guru/ Dosen dapat menjadi inspirasi dilingkungan lembaga pendidik, dari banyak dosen yang mengajar, tidak semuanya dapat menjadi inspirasi siswa/ mahasiswa, pandangan mereka terhadap dosen beragam. Ada yang mereka sukai karena cara mengajarnya santai ada pula yang berfikir hal itu terlalu membosankan. Namun Guru/ dosen yang baik adalah: yang dapat menstimulasi motivasi belajar siswa – mahasiswa, Biasanya guru/ dosen seperti ini mudah bersahabat dan akrab dengan siswa/ mahasiswa baik didalam kelas maupun diluar kelas, dengan pendekatan persuatif tersebut siswa dan mahasiswa dapat bersemangat, berfikir positif dan mudah menerima materi mengenai apa yang diterangkan dan dijelaskan oleh guru/ dosen.

3. Ketua BEM

Ketua BEM disini bisa Ketua BEM fakultas dan BEM Universitas, tergantung dari kapasitas kampus yang mewadahi lingkup BEM tersebut: ada yang mewadahi hanya BEM fakultas ada pula yang mewadahi lingkup Universitas dan ada juga yang mewadahi BEM Fakultas dan Universitas. Disini peranan BEM selain sebagai aspirasi mahasiswa/ i juga menjadi pandangan mahasiswa/ i mengenai sosok pengurus dilingkungan BEM tersebut. Ketua BEM dimata mahasiswa/ i dapat mempengaruhi, karena disini Ketua memiliki kekuatan untuk mempengaruhi dan memberikan motivasi dilingkungan kampus.

4. Senior

Senior dilingkungan kampus beragam karakter tergantung darimana lingkungannya berkumpul dan bersosialisasi berada. Contoh: Senior yang biasa berkumpul dengan siswa/ mahasiswa ditempat tongkrongan. Sosok senior seperti itu yang menjadi inspirasi untuk siswa – mahasiswa biasanya terletak dari bagaimana senior tersebut bersosialisasi dan mengarahkan siswa – mahasiswa tersebut menjalani kegiatan didalam kampus, dengan memberi bekal pengalaman yang didapati seniornya tersebut hingga pengetahuan senior mengenai bidang yang ia kuasai dalam akademik sekolah – perkuliahaan.

5. Sahahabat

Sahabat merupakan sosok penginspirasi sekaligus penyemangat paling kuat dilingkungan sekolah – kampus, sahabat hampir setiap waktu berada dekat, baik untuk memberikan dorongan, sebagai tempat curahan hati, sebagai seorang yang dapat memberikan solusi dan masukan dsb. Sahabat sebagai letak dimana indvdu dapat menikmati lingkungan perkuliahan hingga lingkungan masyarakat dengan baik, semangat, bahagia dan dapat terealisasi sesuai rencana, tergantung dari mana kita mendapati sahabat tersebut dan seperti apa sahabat yang kita pikir sesuai dengan kita (tujuan, pemikiran dan perasaan). Ada kutipan: berjalan 1000 mil tidak terasa jika bersama sahabat. Menurut saya itu merupakan bukti bahwa sahabat memiliki peranan inspirasi tersendiri dalam menjalani kehidupan.

Diantara 5 sosok penginspirasi yang saya sebutkan, masih terdapat beberapa lagi seperti Ketua Organisasi, Pacar dsb. Namun kelima sosok diatas adalah gambaran umum yang saya dapati selama berada dilingkungan sekolah dan perkuliahaan.

TIPS MULAI MENERAPKAN DESAIN LOGO YANG BAIK

Sekarang ini peranan desain sudah meramba kesetiap lingkup organisasi kecil – organisasi besar seperti perusahaan, banyak desainer yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan organisasi dan perusahaan tersebut, salah satunya adalam kebutuhan logo yang menggambarkan visi dan misi organisasi – perusahaan sebagai alasan perusahaan itu berdiri. Berikut saya mau memberikan tips untuk mendesain logo yang baik. Sebelum memasuki point tersebut ada baiknya jika kita mengetahui telebih dahulu basic dari desain logo tersebut, dari penjelasan warna, bentuk hingga pengolahan desain logo yang baik.

1. Cari Tau Visi dan Misi Organisasi/ Perusahaan

Dengan meminta informasi kepada perusahaan mengenai tujuan, visi dan misi perusahaan tersebut, serta informasi mengenai bidang organisasi -perusahaan.

2. Membuat Client Brief/ Risalah Klien

Isi pada client brief diantaranya: Nama client – perusahaan, telepon/ email yang dapat dihubungi, bidang perusahaan, apa yang ingin dicapai proyek perusahaan, tema atau pesan proyek,  pesaing perusahan, citra atau kesan yang mau ditampilkan deadline pembuatan desain logo dsb.

3. Membuat Strategi Desain

Setelah mendapati client brief yang telah diisi, buat strategi dalam mendesain logo tersebut. Dengan meneliti, mengamati dan menganalisisa.

4. Membuat Konsep

Konsepkan desain logo tersebut secara matang dan jelas secara berurut. Dengan memberi point-point dari tujuan, visi dan misi hingga client brif yang telah diisi. Lalu kita simpulkan dari tujuan dsb tersebut kedalam bentuk, warna dsb.

5. Mencari Reverensi Desain Logo

Dengan mencari reverensi desain logo, gambaran dari strategi desain dan konsep desain logo sudah terbayang dipikiran kita. Reverensi dapat didapati dengan melihat logo perusahaan dengan bidang yang sama yang biasa terpampang dimedia cetak dan elektronik

6. Sketsa Desain Logo

Buat sketsa dari gambaran yang kita telah dapati mengenai perusahaan tersebut, cukup dengan sketsa kasar dikertas, setelah kita dapat gambaran kasarnya mulai kita rapikan sketsa tersebut dikertas selanjutnya dengan membuat garis – dan bentuk yang terukur agar logo tersebut dapat terlihat lebih jelas.

7. Terapkan dalam Software

Selanjutnya terapkan dari hasil sketsa yang telah kita rapikan dan terukur bentuk dsb kedalam software, untuk sofware yang biasa digunakan adalah Adobe Illustrator/ Corel Draw, Software tersebut focus pada lini vektor, jadi sesuai dengan desain yang diterapkan pada sofware tersebut, yaitu desain logo.

8. Test Ukuran, Warna Primer dan Sekunder Logo Serta Background Logo

Setelah Logo terbentuk selanjutnya sesuaikan logo dengan ukuran kecil dan paling besar, lalu terapkan logo pada warna primer dan sekunder.

9. Presentasi

Setelah point 1 – 8 didapati, selanjutnya presentasikan logo tersebut keorganisasi – perusahaan, usahakan sebelum memulai presentasi dirangkum terlebih dahulu penjelasan mengenai logo tersebut secara jelas dan terapkan pada software presentasi mengenai point-point yang mau disampaikan pada presentasi tersebut, buat sesederhana dan semenarik mungkin agar dapat terlihat dan dapat membuat komunikan mendapat informasi yang jelas mengenai presentai logo terbut.

10. Tahap Revisi

Setelah presentasi selesai bila ada tahapan revisi, perbaiki desain logo tersebut sesuai dengan pesan yang perlu ditambahkan atau dikurangkan atau diperbaiki dari logo terbut, setelah itu prentasikan kembali kepada organisasi – perusahaan.

Selesai, tips jitu membuat desain logo yang baik, dari tahap mencari tau tujuan, visi dan mis hingga tahapan presentasi dan revisi. Semoga apa yang saya sampaikan mengenai Tips Mendesain Logo Yang baik, dapat bermanfaat dan dapat diterapkan oleh seorang yang mau dan mendalami desain logo. Kurang Lebihnya mohon maaf, terimakasih.

TOKOH BESAR INDONESIA YANG MAMPU MENJALANI KEHIDUPAN DIBALIK JERUJI BESI – PNGASINGAN (INSPIRASI)

Bangsa Indonesia, memiliki beberapa tokoh yang menginspirasi generasi muda dan tua baik diindonesia maupun dilanah dunia, seperti Pangeran Diponogoro, Ir. Soekarno hingga Pramoedya Ananta Toer.

Diabad millenium ini, tokoh-tokoh diatas sampai saat ini masih dapat kita dengar, namun semangat dan tekadnya semakin kesini semakin meredup. Jika kembali dikupas mengenai sejarah yang pernah dilalui bansa ini dari penjajahan bangsa portugis, belanda dan jepang mungkin dapat membuka mata dan semangat bangsa ini atas peranan perjuangan pahlawan – tokoh besar indonesia, yang dapat membua bangsa ini terlepas dari penjajahan yang menyelimuti indonesia dari abad 16 – pertengahan abad 19, dilihat dari waktu bangsa ini dijajah, tedengar sangat lama (beratus tahun bangsa ini pernah dijajah), melalui blog ini saya banyak mengutip kalimat dan perjalanan dari tokoh besar sekaligus President pertama Indonesia, beliau adalah Ir. Soekarno.

Ir. Soekarno, lahir pada 6 Juni 1901 di Surabaya, Jawa Timur dan meninggal pada 21 Juni 1970 di Jakarta. Bung Karno sapaan akrab yang biasa terdengar dmasyarakt umum adalah anak dari seorang guru bernama Raden Soekemi Sosrodiharjo dan ibunya bernama Ida Ayu Nyoman rai. Lahir pada saat matahari terbit membuat beliau disebut sebagai putra sang fajar oleh ibunya. julukan itu sesuai dengan tekad beliau yang gagah berani dalam memperjuangkan hak rakyat indonesia bersama pejuan – pahlawan lainnya hingga membawa bangsa indonesia lepas dari penjajahan yang menyelimuti bangsa ini selama lebih dari 350 tahun. Lika-liku Bung Karno dalam memperjuangkan kemerdekaan dan hak Bangsa Indonesia telah iya lalui hingga akhir hayatnya. Merasakan suasana dalam jeruji besi Selama penjajahan belanda, hingga membuat ibu beliau (Ida Ayu Ngurah Rai), tidak sanggup melihat anaknya yang berada didalam sana, namun yang pada saat itu menjadi istri beliau Ibu Inggit Garnarsih, menyemangati dan memberikan informasi mengenai perjuangan yang dilakukan oleh sahabat-sahabat beliau.

Pada masa penjajahan jepang, Bung Karno aktif dalam Persiapan Kemerdekaan Indonesia bersama sahabat sekaligus pejuang lainnya. Dan pada 17 Agustus 1945 Bangsa Indonesia telah meraih Kemerdekaannya, kemerdekaan yang hakiki yang telah diakui oleh negara lain satu diantaranya adalah Mesir. Dan Bung Karno ditunjuk sebagai pemimpin Negara Kesatuan Indonesia didamping Muhammad Hatta (Bung Hatta) sebagai Wakil Presiden. Selama Menjabat sebagai kepala negara, Bung Karno tetap berjuang untuk mendapatkan hak bangsa Indonesia secara menyeluruh, dari tahun 1945 – 1949. Selanjutnya tahun 1950 – 1966 berbagai keputusan yang beliau cetuskan dan jalankan masih dapat ditemui hingga sekarang.

Dari penjelasan sejarah singkat tersebut, dapat ditemui sosok pejuang Bangsa Indonesia yang Tetap Semangat dan terus berjuang untuk memperoleh Kemerdekaan dan hak Bangsa Indonesia. Ada kutipan yang saya dapati dari kalimat Sutan Syahrir (Perdana Menteri sekaligus Diplomatik Kenamaan dari Indonesia):   Merdeka nasional bukanlah tujuan akhir, rakyat yang bebas berkarya adalah puncaknya “. Semoga informasi ini dapat bermanfaat, mohon maaf bila ada kesalahan dalam penggalan kalimat sejarah dan kata- kata. Terimakasih

SERUNYA MEMBUAT VIDEO BERSAMA SATUKAOS

Capai Cita-cita

Bergerak pada 5 Mei 2014 merupakan saat dimana saya berada ditingkat 1KA05 semester genap, 1KA05 atau biasa kami sebut SATUKAOS 2013/ 2014, berinisiatif untuk melakukan kegiatan pembuatan film yang berjudul “Aku Bersama Satukaos” mulai bergerak, tidak hanya mahasiswa/ i yang berada dikelas 1 KA05 yang menjalankannya, tetapi para dosen pengajarpun turu membantu menyukseskan acara tersebut.

Berawal dari hobbi, hingga membuat kita bergerak bersama. Film ini menceritakan tentang kegiatan yang unik (unik disini berarti berbeda dari kelas lainnya, baik di Universitas Gunadarma maupun diluar Universitas Gunadarma) serta menggambarkan keceriaan dan keakraban mahasiswa/ i satukaos 2014/2015, pembuatan film ini berjalan selama 2 bulan tepatnya 15 Juli 2014 untuk mendapatkan video berdurasi 48 menit.

Kesan dan pesan yang disampaikan dalam video ini seakan terekam tidak hanya dalam kepingan DVD RW, tetapi dalam benak pikiran kami masing-masing. Hingga bertanya dalam pikiran dan terlontar satu sama lain diantara kami saat sedang bertemu, Kapan buat video bersama satukaos 2013/ 2014 lagi? Walau satukaos sudah berpisah kelas, tetapi tujuan dan minat kami masih dapat diisi untuk menjalankan kegiatan positif diluar kelas, kegiatan rutin yang biasa kami lakukan adalah melakukan belajaar bersama yang kami jalankan setiap sabtu pagi.

Kami berharap, dengan adanya kegiatan positif yang dijalankan Satukaos 2013/ 2014, dapat memotivasi dan mendorong minat mahasiswa/ i dikelas lain untuk melakukan kegiatan positif yang dapat bermanfaat untuk lingkungan kelas maupu kampus sampai kehidupan ini.

SOSOK PRAMOEDYA ANANTA TOER

Indonesia memiliki sosok yang patut dibanggakan dalam bidang sastra, dia adalah Pramoedya Ananta Toer atau biasa dipanggil bapak “Pram”, yang lahir pada 6 Februari 1925 di Blora, Jawa Tengah – Meninggal pada tanggal 30 April 2006), selama hidupnya Pak Pram sapaan akrabnya, telah menghasilkan 50 karya sastra dari jumlah tersbut terdapat 41 karyanya yang diterjemahkan kedalam bahasa asing diantaranya: inggris, belanda, australia, jerman, perancis dll. Selama kariernya dia telah merasakan suasana dalam jeruji besi dan tahanan politik selama masa penjajahan belanda, orde lama dan orde baru.Namun itu tidak menyulutkan niatnya untuk menghasilkan suatu karya sastra yang hingga saat ini masih dapat dinikmati oleh masyarakat umum khususnya penikmat sastra dan sastrawan.

Pak Pram merupakan satu diantara 1000 tokoh penginspirasi diindonesia bahkan didunia. Dari semangat juang serta keberaniannya dalam bekarya menjadi cerminan selama perjalanannya. Pak Pram telah menerima beberapa Nobel dalam bidang sastra dan lainnya, diantaranya: Hadiah Budaya Asia Fukuoka XI 2000 dan pada 2004 Norwegian Authors’ Union Award dan masih banyak lagi.

Terdapat satu kutipan yang menarik dari Pak Pram: “Carilah ilmu sebanyak-banyaknya dan curilah ilmu sebanyak-banyaknya dari bangsa lain yang pernah menjajah kita. Lalu, bawa keluar bangsa ini dari kegelapan.” berikut ini beberapa karya yang telah dihasilkan oleh Pak Pram:  Cerita Blora, Gadis Pantai, Rumah kaca dll.

UNSUR SARA – KONFLIK (RENUNGAN)

Percecokan dan konflik, hadir karena kepahaman mengenai informasi yang kurang mendalam, khususnya dalam berkomunikasi dan menafsirkan/ mempersepsikan sesuatu, dalam hal ini kaitannya dengan SARA, (Suku, Agama, Ras dan Antargolongan). Sedikit kita kembali membaca sejarah. Sejarah negara ini, hadir dari para pendatang (orang asing) yang datang dari negara berbeda baik itu Sejarah Hadirnya Agama di Nusantara dan hingga Berdirinya Negara ini, Menurut Aristoteles “Manusia adalah mahluk sosial yang selalu hidup bermasyarakat, atau disebut Zoon Politicon”.

menyimak pembahasan ini, terpesat dipikran saya pada era kepemimpinan Presiden ke-5 Indonesia yaitu Bpk. Abdurahman Wahid (Gusdur)

beliau mulai menjadikan pendatang dari dataran cina (orang cina) sebagai salah satu suku bangsa indonesia. Dengan begitu keragaman suku di negara tercinta ini makin bertambah, kita sebagai warga negara indonesia harusnya meningkatkan kesadaran akan kesatuan serta persatuan bangsa. inilah amanat yang di berikan kita dari para leluhur, yang tersusun didalam PANCASILA.

Dewasa ini kita sering melihat pertumpahan darah yang terjadi dibeberapa daerah yang termasuk wilayah Nusantara. Ini sebagai teguran untuk kita, untuk membangun dan membangkitkan kesadaran akan kesatuan bangsa, jangan jadikan perbedaan itu sebagai tombak senjata untuk berkuasa. Didalam hukum sudah diatur bahwa sanya “setiap warga negara mendambakan kebebasan yang diatur dalam UUD 1945 pasal 28.” Sekarang tujuan kita salah satunya sebagai seorang warga negara penerus bangsa Indonesia adalah, menjalankan 5 aturan, yaitu:

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab

3. Persatuan Indonesia

4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmah Kebijaksanaan      Dalam Pemusyawarahan Perwakilan

5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Sebelum menutup pembahasan ini, terdapat kutipan menarik yang dapat menegur dan membuka mata Bangsa Indonesia: jatuh bangunnya negara ini, sangat tergantung dari bangsa ini sendiri. Makin pudar persatuan dan kepedulian, Indonesia hanyalah sekedar nama dan gambar seuntaian pulau di peta. Jangan mengharapkan bangsa lain respek terhadap bangsa ini, bila kita sendiri gemar memperdaya sesama saudara sebangsa, merusak dan mencuri kekayaan Ibu Pertiwi” Ir. Soekarno (President pertama Bangsa Indonesia).

PERAN PEMUDA/ I ERA REFORMASI DENGAN PEMUDA/ I SETELAH REFORMASI DALAM MENGISI KEMERDEKAAN.

Setelah 69 tahun negara ini merdeka, tidak menutup kemungkinan telah timbulnya beberapa perubahan yang telah terjadi pada dewasa ini, salah satunya Peran Pemuda Era Reformasi dengan setelah Era Reformasi dalam mengisi kemerdekaan terasa berbeda, dikarenakan pada era kemerdekaan tujuan dan pandangan para pemuda masa itu adalah membela negara dengan mengalami masa yang mana mereka dapati berupa ancaman fisik tentunya pola pendidikan yang dieselenggarakan terarah kea arah fisik, teknik, strategi, taktik, dan strategi kemiliteran. Berbeda hanya dengan era stelah reformasi, ancaman yang dihadapi berupa tantangan non fisik dan gejolak sosial, selain itu juga para pemuda kala itu (era kemerekaan) meluangkan waktunya untuk mengabdi dan mengambil peran dalam pembangunan bangsa yang pada saat itu masih dalam masa perjuangan untuk mendapatkan Hak Kemerdekaan Negara Republik Indonesia, disertai dengan semangat yang begitu besar untuk tercapainya Negara Republik yang berdaulat dimata asing, Salah satu Inspirasi Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merdeka adalah Sumpah Palapa dan Sumpah Pemuda yang menjadikan Negara ini Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil dan Makmur. Dan kini setelah Negara ini merdeka, sebagai penerus bangsa indonesia tidak semestinya para pemuda generasi ini tenggelam oleh perkembangan jaman yang membuat bangsa ini lupa akan Tujuan dan Tanggung Jawab sebagai Warga Negara Indonesia, dalam mengisi kemerdekaan selain menjaga kedaulatan NKRI tugas generasi muda adalah menjunjung ilmu agar nantinya bisa mencapai keinginan leluhur yaitu Memajukan Kesejahteraan umum, Ikut aktif dalam menjalin Ketertiban Dunia dan Mencerdaskan Bangsa Indonesia.

Saya sebagai Generasi Penerus Bangsa Berterima kasih kepada para pendahulu (leluhur) yang telah memperjuangkan Hak Kemerdekaan Indonesia dan telah menjadikan Negeri ini menjadi Negeri yang dipandang karena Sejarah serta Kekayaan Alam maupun keanekaragaman Budaya dan Manusianya. Sebelum menutup percakapan, terdapat kutipan yang dapat menegur dan membuka mata Bangsa Indonesia khususnya pemuda/ i: Robek-robeklah badanku, potong-potonglah jasad ini, tetapi jiwaku dilindungi benteng merah putih, akan tetap hidup, tetap menuntut bela, siapapun lawan yang aku hadapi” (Jend Soedirman).

Segera Meluncur:

PENTINGNYA TIME MANAGEMENT

PERAN MAHASISWA/ I UNTUK BANGSA INDONESIA

MUSIK DAPAT MERUBAH SUASAN HATI

PEMUDA/ I YANG BERKARAKTER

Berikan komentar

Gak Hanya Tau